Pola Pembiayaan di Rumah Sakit

Pola Pembiayaan di Rumah Sakit (Sistem Peket)

             Kemudahan akses informasi dimanfaatkan beberapa rumah sakit.., khususnya RS yang bertaraf internasional dan sangat mempengaruhi tingkat keinginan masyarakat untuk berobat ke rumah sakit tersebut , khususnya di luar negeri. Momen ini dimanfaatkan dengan meluncurkan paket tarif murah yang menjadi solusi ketidak pastian masyarakat.

Salah satu diantaranya RS yang bernaung di bawah bendera Parkway Health Singapura menerapkan pembiayaan dengan pola tarif paket adalah RS Gleneagles, tampak ramai. Ratusan warga dari berbagai negara ,asyik ngobrol sambil menikmati makanan dan minuman di lantai dasar yang memang disiapkan untuk itu.

RS yang satu grup dengan RS Mounth Elizabeth dan East Shore ini tampak sangat mewah. Namun tak pernah sepi dari pasien, termasuk dari berbagai negara di Asia .Satu hal yang sangat menarik yaitu system pembiayaan khusus pasien rawat inap yaitu Paket all in one. Kurang lebih 40 jenis paket yang diluncurkan saat ini..dan yang paling menarik bahwa paket tersebut sangat komprehensif dan lebih dari separuhnya pasien sesuai salah satu paket tersebut

Paket ini  sebagai resposn atas kondisi ekonomi sekarang. Untuk membantu pasien menanggulangi beban biaya. “Paket-paket yang telah ditetapkan ini mencakup semua biaya yang berhubungan dengan rawat inap. Seperti, ruang inap, perawatan oleh juru rawat, biaya alat-alat, serta biaya dokter,
Evaluasi system pembiayaan ini dilakukan secara berkala oleh satu divisi khusus
Pasien sebelum perawatan /tindakan terlebuh dahulu diinformasikan harga paket agar memberi kejelasan mengenai jumlah uang yang harus disiapkan setiap pasien. Dengan harga yang tetap, pasien mengetahui prosedur / tindakan apa yang akan diterima dan adanya ketenangan dan kepastian dalam masa perawatan

Meskipun rumah sakit swasta, tapi tarif  sama dengan rumah sakit pemerintah, bahkan, dari segi pelayanan, rumah sakit ini jauh lebih bagus, Salah satu pelayanan terbaik yang diberikan ke pasien adalah tidak diber lakukannya istilah antrean untuk berobat, tidak ada istilah daftar tunggu atau kartu tunggu saat akan berobat. pasien langsung dilayani,Rumah sakit juga memberi jaminan tidak akan ada infeksi terjadi selama perawatan , sebab kamar perawatan hanya diperuntuk kan untuk perawatan, bukan untuk tempat makan atau bercerita.
Dari seluruh pasien yang datang berobat dalam setahun , 12 ribu di antaranya berasal dari Indonesia. Uang yang mengalir dari Indonesia ke RS swasta di Singapura ini cukup besar. Pasien dari Jakarta saja /passport kurang lebih S$ 50 miliar per tahun.
Terkemuka di Asia.

 
Parkway sendiri merupakan grup layanan kesehatan terkemuka yang berpusat di Singapura. Di Asia terdapat 15 rumah sakit dengan lebih dari 3.400 tempat tidur,  43 pusat layanan pasien yang tersebar di seluruh dunia antara lain di Asia, Eropa, Amerika Serikat , Amerika Utara dan Timur Tengah, Rusia, termasuk Indonesia. Didukung lebih dari 1.300 dokter ahli yang terakreditasi mencakup 40 bidang spesialis yang beragam. Parkway berkomitmen untuk menjadi pemimpin global di bidang kesehatan terpadu yang bermutu.
Di Singapura, ada tiga rumah sakit yang telah terakreditasi oleh Joint Commission International (JCI) yakni RS East Shore (123 tempat tidur), RS Gleneagles (380 tempat tidur) dan RS Mounth Elizabeth  (505 tempat tidur). dan beberapa pusat medis di mana penanganan khusus dapat dilangsungkan di satu tempat. ParkwayHealth juga didukung jaringan luas dari klinik penanganan utama, pusat penunjang diagnostik termasuk laboratorium yang lengkap, serta fasilitas canggih yang menyediakan layanan sterilisasi peralatan bedah. Juga sebagai pusat layanan pasien ParkwayHealth 24 jam yang terakreditasi untuk memenuhi setiap kebutuhan pasien dan pendampingnya/pengantar.

baca juga artikel yang sama di www.inti-com.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: